Informasi , tips dan trik

23.8.12

Cara Memindahkan Aplikasi Android (APK) ke Memori Eksternal, Ponsel Tanpa Di Root

Trik memindahkan  Aplikasi android dari memori internal ke memori External di ponsel Android ,seperti yang sudah banyak di ketahui untuk memindahkan Aplikasi  (terutama aplikasi pre-instal)  dari memori internal ke memori external atau Move to SD kondisi ponsel tentunya harus sudah diroot bertujuan menginstal aplikasi Super user sebagai admin sistem agar bisa membuat perubahan di seluruh sistem kurang lebihnya demikian,dalam prosesnya jika ponsel android di root otomatis garansi tidak berlaku lagi,nah ini mungkin yang paling banyak di takuti oleh sebagian orang jika garansi hilang sebelum waktunya,seperti kata pepatah yang saya sering dengar " Banyak jalan menuju Roma" memindahkan Android Aplikasi di memori internal ke memori external ponsel tanpa di root dahulu,sebenarnya bisa bisa saja hanya menurut saya prosesnya lebih panjang  tentunya akan terasa repot  karena setiap kali memindahkan  aplikasi harus di perlukan PC/Netbook tidak bisa  langsung dari ponsel untuk prosesnya,bagaimana caranya langsung saja .

  •  Unduh Aplikasi Enable Move To SD,setelah selesai di unduh ekstark file ZIP tersebut 
  • Pastikan driver ponsel sudah di install sebelumnya jika belum install dahulu sebelum ke tahap berikutnya
  • Selanjutnya aktifkan USB debbuging di ponsel ,untuk settingan di ponsel untuk Android GB  masuk  setting->applications->development->USB Debugging. untuk Android 4.0  masuk ke setting->developer options->android debugging.

  • Setelah itu Pilih sumber tak dikenali dengan memberi tanda centang di setting->appplications->Unknown sources di Android GB. masuk ke setting->security->device administration->Unknown sources untuk android 4.0 or Up



  • Sambungkan Ponsel ke PC/Notebook tunggu sampai ponsel tedeteksi .
  • Jalankan Aplikasi Enable Move To SD yang sudah di ekstrak tadi ,pilih file " enable move to sd.bat" lalu ikuti instruksi yang di berikan tekan enter untuk eksekusi perintah.

  • Sekarang coba masuk ke setting di ponsel ,Aplication - Manage apllication ,sekarang tinggal pilih aplikasi mana yang akan dipindah,tombol Move Sd yang tadinya tidak bisa di pilih sekarang bisa kalian pilih.

 sebagai catatan mungkin sebagian kecil  aplikasi bisa dipindah ke memori eksternal,hal ini juga bisa terjadi di mana kondisi ponsel sudah di root masih ada sebagian kecil aplikasi yang tidak bisa di pindah ke memori eksternal.

Share:

24 comments:

  1. mudah banget dipahami gan tipsnya. tapi ada yang membuat saya bingung gan...begini gan masalahnya saya pake ponsel sony xperia miro trus waktu saya lihat ke TKP ; setting>aplikasi>manage aplikasi abis itu saya pilih file yang mau dipindah ke memori xternal tapi ternyata disitu gak ada pilihan untuk pindah ke memori external/sd card justru yang ada hanya pilihan pindah ke memori internal. solusinya bagaimana gan ? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hanya terjadi pada beberapa apps atau semua-nya? soalnya tidak semua apps bisa di pindah ke SD Card

      Delete
    2. saya pake sony xperia miro juga. itu terjadinnya pada semua apps

      Delete
  2. saya pake xperia neo L, tetep gak bisa gan! gak ada perubahan :(

    ReplyDelete
  3. kalo mindahin video dari memori internal ke external pake ini bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat mindahin video dari memori internal ke Exsternal pakai file manager

      Delete
  4. gan kenapa tiap kali mencentang usb debud, android-ku malah gak kebaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ke baca bagaimana gan? dah instal drivernya ? tap connection USB (gambar USB di bar pull down biasanya) waktu HP di hub ke PC pilih modus transfer media (MTP)

      Delete
  5. Kok ga bs ya gann..ane pake lenovo a690..udh ane ikuti smua langkah.tp tmbol move to sd cardnya ttp mati.. apa yg salah ya??

    ReplyDelete
  6. gan minta link bwt download driver samsung galaxi Y duos ada?
    soalnya hp ku.gk d bawain drivernya dari kongkong.tq

    ReplyDelete
  7. usb debuggingnya ga bisa diceklis gmn ya?

    ReplyDelete
  8. gan nginstal driver nya gimana gan ...
    maklum masih awam...
    hp ane lenvo A690

    ReplyDelete
  9. gan nginstal driver nya gimana gan ...
    maklum masih awam...
    hp ane lenvo A690

    ReplyDelete
  10. cara instal driver nya gimana gan
    hp ane lenovo A690
    mohon bimbingan nya gan...masih awam

    ReplyDelete
  11. Partition perlu dilakukan pada SD Cardnya ga? Trims.

    ReplyDelete
  12. saya kok gini yah gan? mohon d cek http://prntscr.com/1k73j9

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan Link Aktif dalam berkomentar ,Jika komentar anda tidak muncul mungkin disebabkan komentar anda di identifikasi-kan sebagai SPAM ,dimana langsung saya hapus semua komentar yang masuk kotak SPAM ,Mohon maaf Jika ada beberapa Komentar yang tidak sempat di balas atau terlewatkan ,Terima Kasih sebelumnya telah berkunjung.