Informasi , tips dan trik

28.9.12

Mengatasi Blackberry Tidak Mau Booting , Instal Ulang OS BB Untuk Memperbaikinya

gambar sewaktu instal ulang os pict by http://kradakan.blogspot.com
Bagaimana cara memperbaiki Blackberry (BB) yang mati suri karena gagal booting ,tandanya layar benar-benar mati total hanya lampu indikator (LED) yang berkedip-kedip dengan warna merah,sekedar berbagi cerita mengakali kejadian seperti itu yang kebetulan dialami oleh salah seorang teman saya ,handset blacberry tipe Bold 9000 miliknya tidak mau menyala atau gagal boot ,untuk penyebabnya sendiri saya kurang begitu tahu.

Kebetulan BB milik teman saya hanya mengalami gagal booting atau biasa disebut "Nuked BB" tanda nya dilihat dari jumlah kedipan lampu indikator berkedip 4 kali seperti kode morse kodenya 1111 atau artinya gagal load OS ,cara memperbaikinya bisa dengan lepas baterai selama -/+ 1 jam kalau tidak bisa juga dengan cara instal OS ulang,dan cara ini terbukti cukup ampuh untuk membuat BB hidup kembali seperti BB punya teman saya itu dengan cara di instal OS baru yang sampai sekarang tidak ada masalah lagi,normal seperti sebelum rusak.

Cara memperbaiki BB mengalami gagal booting/load (Nuked Blackberry )

screenshoot instal device manager pict by http://kradakan.blogspot.com
  • Driver BB atau disebut Desktop manager bisa di intal dari CD sofware BB atau jika tidak ada bisa ambil di Blackberry .com , langsung instal untuk mempercepat karena lumayan lama proses instalnya.
  • OS (operating System ) BB sesuai dengan model handset anda,bisa ambil disini pilihan OS nya ,Untuk OS Blackberry bisa di cari Disini.
  • PC/Notebook ,kebetulan di PC saya menggunakan Win7 ,untuk OS PC yang lain saya tidak tahu bisa atau tidak.

Langkah-langkah nya sebagai berikut .

  • Setelah semua bahan dan alat nya siap ,close /matikan desktop manager.
  • Instal OS yang telah di download (desktop manager jangan di jalankan ),setelah terinstal cari folder APP Loader , caranya masuk Program C /Program Files / Common Files /Research in Motion /App Loader ,hapus file " vendor xml " di bagian paling bawah.
  • Jalankan App Loader klik dua kali shortcut Loader (ikon ponsel),sekarang hubungkan BB ke PC ,sebelumnya Baterai harus dilepas supaya bisa ke detect.
pict by http://kradakan.blogspot.com

Setelah BB tehubung ,di wizard App Loader akan muncul USB-PIN Unknow ,pilih next langsung pasang baterai BB secepatnya ,jika gagal ke tahapan berikutnya ulangi lagi karena disini prosesnya harus cepat.
screenshoot app loader pict by http://kradakan.blogspot.com


Note : Jika minta Pasword masukan pasword kunci telepon BB anda jangan PIN ,ingat dibatasi 10 kali saja ,jangan sampai salah sampai 10 kali .

Jika benar akan terbuka pilihan Device application selection (piihan Opsional) ,jika bingung aplikasi mana yang dipilih  tandai saja semuanya ,pilih next, layar BB akan menyala kosong berwarna putih,proses udate akan berjalan secara otomatis yang memerlukan waktu lumayan lama ,mungkin ini proses flashing ponsel paling lama yang pernah saya lakukan ( jika proses update gagal terhenti di tengah jalan pastikan bahwa baterai terisi penuh dan ulangi lagi ) biarkan sampai selesai jika muncul pesan di wizard App loader menampilkan "Updating succesfully" klik close,BB akan restart dengan sendirinya,selesai.

screenshoot by http://kradakan.blogspot.com

screenshoot by http://kradakan.blogspot.com


Apabila cara tersebut tidak berhasil kemungkinan juga bisa karena IC flash rusak ,jika demikian mau tak mau harus ganti IC Flash yang bru bisa di bawa ke tukang service handphone di kota anda.
Bagaimana mudah bukan apalagi bagi yang sering Flashing Ponsel pasti tidak akan banyak menemui kesulitan ,demikian pengalaman saya memperbaiki Blackberry Bold 9000 karena gagal booting dengan cara di instal OS baru/update OS,dan cara ini juga bisa untuk mengatasi masalah yang sama di  tipe BB yang lain ,tinggal cari OS yang sesuai dengan tipe BB anda .

Share:

240 comments:

  1. makasih banget yaaaaa..
    berkat posting anda.. bb saya hidup kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan saya mw nanya. saya pake bb 9900. pas saat saya mau ngechas, bb nya tidak mau hidup dan lampu LED nya cuma warna merah. dan saya coba lepas baterai nya, bb jg tdk mw hidup dan lampu LED jg warna merah. itu yg slh bb nya atau chas nya gan ?

      Delete
  2. bb ku juga cuma bisa booting setengah abis tuh gak mau jalan lg. apa permasalahnya sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedipan LED nya berapa kali gan? jadi kaya gitu karna jatuh ato bukan ? klo bukan karna jatuh coba di update softwarenya

      Delete
    2. bb ku jg gtu cra perbaikinnya bagaimana ?

      Delete
    3. ane dua kali gan kedipannya gimana dong??

      Delete
  3. bb saya barusan eror seperti yang di utarakan diatas...
    yang ingin saya tanyakan setelah saya mengikuti proses yang sudah dijelaskan, apakah data2 sebelumnya hilang?maklum nubi...
    terimakasih..

    ReplyDelete
  4. bb saya barusan eror seperti diatas..
    yang ingin saya tanyakan apakah setelah mengikuti cara2 yang anda sampaikan..data2 yang lama hilang?
    maklum nubi..
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. bb saya barusan eror seperti diatas
    yang ingin saya tanyakan apakah setelah mengikuti cara2 yang anda sampaikan,data2 yang lama hilang?
    maklum nubi
    terimakasih

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. nga gan paling settingan aja yang harus di setting lagi,klo dah punya Blackberry Id tinggal login untuk kembalikan account emails dan app yng terinstal di appworlds

      Delete
  7. gan, kalo udah pake cara diatas,
    data sebelumnya hilang g gan?

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. nga gan,nanti tinggal login ulang saja buat balikin settingan account email sama app. yang terinstal di appworlds

      Delete
  9. gan, kalau pas meminta aplikasi itu gimana ? apakah ditambahkan ? maaf kurang memahami.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. pilihan-nya opsional ,tandai/centang app.yang ada di list untuk menambahkan,tambahkan yang di nilai penting saja atau jika bingung bisa di tandai semua untuk menambahkan-nya

      Delete
  11. maaf saya kurang mengerti,hp saya sudah di service,tapi gagal booting lagi,gmna caranya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah coba di flash ulang atau di upgrade OS blum ? kedipan indikator LED nya berpa kali? kerusakan bisa di lihat dari arti kedipan indikator LED-nya,misal jumlah kedipan 4 kali,kodenya seperti kode morse 1111 itu menandakan device gagal load OS, kedipan 5 kali 10111 "masalah inisialisasi flash" solusinya ganti IC Flash, dsb,cara mengetahui arti kedipan-nya bisa cari di forum-forum atau di tetangga yang membahasnya,sekian semoga membantu

      Delete
  12. Replies
    1. Cek OS sudah sesuai atau belum lalu coba di ulang lagi,klik folder app yng akan di pilih akan muncul sub folder(misal language and input support pilih indonesia/english ,tidak semuanya seperti ini),kalau masih tidak bisa juga coba di instal ulang Desktop managernya dan pastikan OS-nya sudah sesuai dengan tipe device-nya.

      Delete
  13. gan mau nanya ni
    gmna kalo ga tau passwordnya bbnya ?
    ada solusinya ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga gan ane kalau soal itu,atau nga coba kunjungi ini :
      http://helpblog.blackberry.com/2012/06/reset-blackberry-id-password/

      Delete
    2. ok makasi gan ..soalnya bb mati total cumak kedip lampu LED 4 x ..trus ikutin cara di atas malah mnta password ,,nah ane ga tau passwordnya gan ,, :(

      Delete
    3. pernah denger cerita juga sih kalau sudah salah 10x masukin password bb akan reset data semuanya ilang ,tapi coba cari-cari info pengalaman yang pernah salah masukin password sampai 10 x efeknya apa ,bagusnya coba di inget lagi passwordnya bisa juga salah tekan waktu buat passwordnya,semisal password 1234 ,waktu buat-nya tekan tombol alt cuma sekali pas pertama jadinya kan "1ers" paswordnya bukan 1234

      Delete
  14. gan.. bb ane monza waktu itu ane cas ani tidur casnya dr jam 3 subuh ane bgun jam 9.30. trus bb ane mati gan cm led aja yg nyala merah gitu gan.. ane tanya temen ane katanya gak ada ujan ato mati lampu. ane cabut bater pasang lagi udah itu di tes batre gemini timbul tanda silang.. gimana ya gan caranya??

    ane udah jaga bb tuh baik2, gak kena ujan, gak kebanting. cuma di cas ajah trus tiba2 mati. help me gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari beberapa informasi penyebab nuked blackkbery diantaranya bisa disebabkan dari proses charging batterai yang terlalu lama,sering pasang-lepas waktu charge dimana batterai belum terisi penuh,untuk lebih pasti mengetahui masalahnya(nuked atau kerusakan Hardware)bisa di lihat dari kedipan led-nya (kode kedipan-nya)sperti kode morse bacanya,hanya ada dua kode 1 dan 0,kasus seperti yg saya post.ini jumlah kedipan 4 kali kodenya 1111 ynag menandakan device gagal load OS dan cara mengatasinya instal ulang OS/flash,agan bisa juga coba instal OS dahulu untuk memperbaikinya,yang terpenting ketahui dahulu arti kedipan led yang ada di device untuk mengetahui jenis errornya .

      Delete
  15. Kalo mau ganti OS gitu data" di memopad ilang gak?
    BB saya lagi booting, terus gamau jalan lagi alias ceket. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nga ilang gan tapi sebaiknya di backup dahulu buat jaga-jaga,maslah gagal booting yang paling sering dikarenakan baterai seperti penggunan baterai palsu atau waktu charging baterai yang tidak optimal

      Delete
  16. gan kenapa pas menunggu inisialisasi device ane langsung ga kedetek , help please gan..

    Thx

    ReplyDelete
  17. gan tolong dibatu dong
    awalnya bb ane kan low, ane biarin tuh smpe berapa jam, pas ane liat masih hidup eh tau-tau mati sendiri , firasat ane kan batrenya low paling harus di charge , nah pas ane charge yg timbul cuman baterai di layar gan. ane tunggu sampe sejaman nggak nyala-nyala juga ..
    tetep kaya gitu , ane coba juga instal os kaya postingan agan bisa ,cuman pas tahap kedua device ane tuh langsung terputus sendiri dari kompi gan !!
    mohon infonya ya gan
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu pertama kali menghubungkan baterai dilepas dahulu ,nah setelah pilih USB-UNKNOW juga langsung pilih next disini juga harus cepat pasang baterainya,kalau nga cepet otomatis langsung undetect harus di ulang lagi,jika susah di lakukan sendiri coba minta bantuan teman/saudara buat pasangin baterai-nya di tahap ini soalnya proses-nya harus benar-benar cepat gan baterai juga jangan sampai lepas, jangan lupa juga baterai diisi sampai penuh dahulu jangan sampai waktu di tahap terakhir baterai nga kuat buat booting.

      Delete
  18. gan klo ada CDnya ga perlu download OSnya lagi kan ya? butuh pencerahan gan...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep download OS -nya gan sesuai tipe -nya, kalo yang di CD itu kan Desktop Manager /driver-nya aja.

      Delete
    2. Gan cara download os sma desktop managernya gmna ya,kok gak bisa ketemu? mklum nubi

      Delete
  19. Gan itu donlot BB softwarenya ko berdasarkan operator ya? kan BB saya bukan bundling dari operator? trus saya donlotnya yang mana yak?? maklum nih nubi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu nga apa gan yang penting OS sesuai dengan tipe BB atau download sesuai dengan operator yang agan pakai ,trus jangan lupa setelah instal OS hapus file "Vendor Xml " cara-nya seperti yang di atas gan

      Delete
  20. bagai mana jika salah memasukan kata sandi sampai 10 kali saya udah salah sampai 10 ka;i

    ReplyDelete
    Replies
    1. nga tau juga gan,pernah denger sih kalo sampai 10x salah data ilang semua,lha itu kondisi BB -nya gimana sekarang setelah 10x salah password ? soal-nya ane belum pernah ngalami kaya gitu sampai salah 10X

      Delete
  21. Sewaktu menyambungkan BB saya ke komputer, Loader-nya tidak membaca ada BB yg disambungkan tapi LED BB tetap berkelip 4 kali, sama seperti jika dicharge. Saya sudah coba di 2 komputer berbeda tapi reaksinya sama. Kira-kira kenapa ya? Salah di komputernya, BBnya, atau malah kabel datanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langkahnya sudah benar ?pada waktu instal OS sebelumnya DM di matikan dahulu,buka apploader melalui program C/Common Files/Reach In Motion /Apploader kemudian hapus file " Vendor XML " kemudian jalankan apploader, sebelum di hubungkan baterai dilepas dahulu > hubungkan BB ke PC ,jika masih tidak ada reaksi/tidak terbaca coba ganti kabel USB -nya ,jangan lupa instal OS sesuai dengan tipe BB agan

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. bb saya saat booting berjalan tiba tiba mati sendiri , trus hidup dan mati lagi begitu terus. saat lepas baterai dan di cas muncul tanda silang, dan waktu dipasang baterainya booting gagal lagi trus mati. lampu LEDnya cuman hidup sekali, ini karena baterainya yang ngak bagus ato apa ya gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus setting ulang OS/instal ulang OS mba,sebaiknya data di hapus (wipe data) baru kemudian instal OS-nya

      Delete
    2. gan saya coba pake yang app loader dari PC, trus minta passwordnya.
      dan setau saya itu pake password BB ID bukan ??? udah dimasukkin passwordnya tapi ngak mau juga.
      Dan kalau mau upgrade OS tapi bb dalam keadaan mati gimana ya ???

      Delete
    3. pake password handset-nya mba kalau pengalaman saya sih begitu , yang penting baterai di isi min 70%-an lah ,kalau instal OS memang BB harus dalam keadaan mati ,tujuan instal OS disini kan buat hidupin BB -nya lagi

      Delete
  24. mas klo bb nya ga punya password sebelumnya gimana tuh??

    ReplyDelete
  25. mas klo bb nya sebelumnya ga punya password kunci telepon??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di coba belum gan ?kalau tetep minta password coba di wipe data data dulu gan

      Delete
  26. Gan mau nanya, udah hampir selesai nih ane install OS, selalu gagal padahal udah setengah proses, kenapa ya? apa IC flash nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal-nya pas dimana ya mba? kedipan LED nya bagaimmana mba?

      Delete
  27. Mau tanya juga,BB saya 9810 juga gitu gagal booting di service sama temen udah bener,stlh 1 hari saya pake tau2 hang terus saya lepas batere. Pas saya pasang batere lagi eh gagal booting lagi tapi kali ini garisnya udah sampe ujung tinggal kbuka layar BBnya aja,tapi saya tungguin sampe abis baterenya ternyata begitu terus ga masuk2. Nah kebetulan di laptop saya udah punya BB desktop manager itu pas saya coba kok PINnya bukan UNKNOWN tapi dia bisa baca PIN saya.Apakah itu karena saya suka backup BB saya di BBDM itu,mnurut agan apakah saya perlu download Desktop Manager lagi. Kbtulan Desktop Manager yg skarang saya punya itu di download_in sama temen waktu saya upgrade laptop saya. Jadi saya gak ngerti dia downloadnya untuk OS tipe berapa...tapi yg jelas BBDM saya itu selalu saya pake buat backup data saya dan itu berjalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ada DM nga usah download lagi,jadi tinggal download OS BB 9810 -nya saja,terjadi masalah UNKNOW-PIN itu biasanya terjadi waktu proses instal ulang OS kalau terjadi seperti itu masukan password telepon ,kalau masih nga bisa juga coba di hapus data/wipe data BB -nya dahulu

      Delete
    2. iya bos. punya ane PIN kebacaterus....

      Delete
  28. Gan. mau tanya, bb saya gemini cuma bisa booting sampai tengah" bagaimana solusinya itu?? Help me!! Thx Be4

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal booting-nya kenapa ya ? tanda kedipan LED nya gimana mba buat ngelihat perkiraan masalahnya dimana ? coba dilepas dahulu baterainya

      Delete
    2. ko nanya kedipan led nya gan..jelas2 itu udah mau booting 50% emang kalo booting led nya nyala jga...yg bener dong ngasih petunjuk...itu karena memori di dalam udah penuh..mungkin kebanyakan aplikasi atau grup...cara nya install ulang os nya...seperti yg di tunjukan di atas...pasti berhasil...

      Delete
    3. ko di tanya kedipan led nya sih gan...jelas2 itu sdh booting 50%...yg bener dong ngasih petunjuk...

      itu masalah nya ada di memori internal atau RAM udah penuh..mungkin kebanyakan aplikasi atau grup2 bbm...ngatasi nya install ulang kya di atas tanpa batrai..cmn otomatis klo belum ada back up data,data semua yg ada hilangan...
      pilih mana data hilang apa BB nya t3etep begitu2 aja...hehehe

      Delete
    4. ya biar lebih mudah perkiraan masalah kerusakan-nya di software atau hardware hehehe,thanks gan dah mau mampir sama ngasih" masukan

      Delete
  29. mas mau nanya nih bb saya bb storm 2 9550 , semalam saya install program smart lock nah saya pakai ,ketika malamnya pas mau saya kunci program itu hang, nah saya reboot bb saya, setelah itu bb saya ngga mau hidup lagi. saya reboot nah pas penuh bar nya ulang lagi, gimana cara mengatasi nya yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lepas baterai dahulu gan kalau masih terus reboot ulang coba di wipe data sebelumnya di backup dahulu sih data-nya,kalau tetep masih nga bisa ya di flash ulang

      Delete
  30. Mas mau tanya ini, bb saya 9900 aka dakota tdi malam kelupaan di charge,pokoknya pas nyadar udah mati aja, tdi udah di charge gak masuk, malah booting baru sampe setengah udah gak mau jalan, LEDnya cuma 1x aja merahnya bis itu lgsg booting tapi ya itu udah gak jalan2,,udah coba lepas batre 2 jam dipasang lagi begitu juga,,help ya,,tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus instal ulang OS mba ,kasusnya seperti pertanyaan mba Lina di atas

      Delete
  31. mau tanya gan, klw bb 9900 smalam hidup normal tau2 mati.. saya fikir mabis batre, setelah ganti batre teman msh tdk hidup jg.. sya test colok ke pc jg tdk detect sama sekali alias matot bneran.. itu msalahnya apa gan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya pernah jatuh nga ? kedipan LED nya gmna? bisa juga karna konektor mini USB nya bermasalah kalau nga bisa charge or connect ke PC

      Delete
  32. mau tanya nih hape saya kan bold 9000 abis di banting ancur lebur.. tapi masih nyala cuma lampu led nya ajah... kalo layar mati lcd masih baru.. nyala lampu led..
    kaya gini nyala nyala mati nyala nyala mati dan sterusnya tapi bingung yng mana kode led nya yg 11 atau 11011 udah di colok ke PC ga konek malah ada suara seperti beep panjang tapi kecil bgt suaranya... mohon pencerahannya ya... tq

    ReplyDelete
  33. saya ada hape bb bold 9000 abis dibanting sampe ancur lebur tapi masih nyala cuma lampu lednya ajah lcd abis ganti baru.. nya led kaya gini : nyala nyala mati dan sterusnya ga berenti2 sampe batre di cabut.. jd bingung cek kode 11 atau 11011 tp di colok ke PC ga detec malah keluar suara seperti beep panjang tapi suaranya kecil bgt... jadi bingung rusak apanya.. ic flash atau OS kosng.. mohon pencerahannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di loader ulang OS dahulu gan ,pemgalaman ane sih jika terjatuh/kena benturan keras masalah kebanyakan kena di Hardware-nya gan

      Delete
  34. bb saya 8530 cdma, mati total akibat abis baterai, biasanya setelah seperti itu saya charger kembali normal. tetapi sekarang bb saya pun mati total, lampu indikatornya pun gak nyala apalagi untuk menghubungkan ke laptop/pc. mohon penjelasannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di charge dulu baterainya sampai penuh atau pakai baterai cadangan (kalaupunya) ,bisa juga karena port charge/USB rusak soalnya seperti teman saya juga seperti itu ternyatanya kerusakan ada pada port charge dan setelah di ganti port-nya normal kembali

      Delete
  35. Replies
    1. coba ganti kabel USB jika masih seperti itu instal ulang desktop manager-nya

      Delete
    2. apa pengaruh nya install ulang dekstop....pake loader kan jga bisa tanpa harus pake dekstop..yg penting os nya sdh ter install di pc nya atau laptop nya,,,

      Delete
  36. mas anas pujiadi saya mau tanya,,
    bb saya bold 9000,,,jadi kerusakannya tiba2 bb saya mati dan saya nyalakan lagi tpi yg keluar di lyar hape hanya loading yg hanya jalan paling setengah senti trus mati lg,,dan terus selalu seperti itu berulang ulang,
    saya sudah coba cara di atas mas,,,tpi ketika mau yang ke ada tulisan USB-PIN Unknow..tdak bsa trus di karenakan setelah ada tulisan USB-PIN Unknow sya langsung next tpi lampu led bb sya berulang nyala lg dan loading lg,,,dan seperti itu strusnya,,,
    tolong di balas,,
    trim,,from arno

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada waktu muncul tuisan USb-PIN unknow di wizard minta password nga gan selain itu proses pasang baterai sama masukin password juga harus cepat , coba di wipe data dahulu ( data akan hilang semua) terus ulangi lagi instal OS-nya

      Delete
    2. biar di wipe sampe 1000 tahun pasti tetep begitu...ada yg short di transistor dalam...kalo masalah kaya gitu bukan software tpi hardware...

      Delete
  37. bb saya awalnya low, lalu tiba tiba mati. Lalu kira kira 1jam an saya tinggal. terus malah waktu dibooting cuma kedip 1kali tapi lama. tapi sama aja, tetep gak bisa ke reset. Gimana tuh Caranya? REPLY ASAPP!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di wipe dulu mba baru di install OS ,minta resseting OS mba itu BB,kebanyakan berawal dari masalah baterai seperti yang dialami mba sendiri

      Delete
  38. mau tanya,,ini ada hp bb 7130v,keadaan mati,blank putih,,cuma kedip warna merah,,cara ampuh mengatasi nya gimana ?terus ada link buat download backup asli nya gak ? ini semua backup nya hilang,jadi tidak bisa di loader,.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di wipe dahulu gan baru install OS , pakai ini alat bisa sekailan buat backup # http://www.ziddu.com/download/15014714/BBSAKv1.9.1_Installer.rar.html

      Delete
  39. BB Bold 9780 Saya mengalami hal yg sama,dimana BB tdk bisa Booting dan hanya led yg berkedip 4x. Setelah Saya ikuti proses Apploadernya pas di pilih apliksi yg akan di hapu atau di instalnya kok gak keluar apa2??? file vendor nya sudah saya hapus. Mohon sangat bantuan nya Gan. Saya sayang banget sama BB Saya...
    Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu nga keluar pilihan apps sama sekali? Instal OS nya udah bener blum gan ?

      Delete
  40. waktu ne kan saya upgrade os blackberry torch 9800, nah pas upgrade tiba2 kabelnya tak sengaja ke cabut. akhirnya BB saya mati total. udah nyoba cara di atas tapi gx ada hasil..
    mohon pencerahannya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana yah coz belum pernah ngalami seperti itu gan , biasnaya kalau di loader nga bisa di wipe dahulu tuh BB

      Delete
  41. gan bb gemini 8520 ga connect nih ke komputer nya padahal dah lepas batre sama udah make kabel data yang berbeda tetep ga connect gimana nih kalau gitu , di aplikasi loader nya jadi ga ada apa2 ini gambarnya http://s4.postimg.org/poizev4rh/test.jpg

    ReplyDelete
  42. gan saya udah nyobain sampe bertahap tapi sewaktu di tahap aplikasi loader pada awal dijalankannya bb gemini gw ga kebaca terus gada tulisan USB-PIN UNKNOWN nyaa!! gw udah coba ganti make kabel data yg berbeda tetep aja gabisa batre bb nya juga udah gw lepas tapi tetep aja ga kedetect atau ga kebaca sama komp atau aplikasinya nih. gimana dong?

    ReplyDelete
  43. Gan .
    Saya pake bb bold 9000 tiba mati trus layar nya putih ada tulisan reload 507 lalu saya upgrade os nya gan . Saya udah ikutin cara diatas tapi gan pas sampe "wait for device inztailing" bb saya tiba tiba gk ke deteck gan trus lamup LED nya Kedip-kedip gan.
    Mohon bantuan dan petunjuknya gan .
    :(
    Saya udah gk tau mau gimana lagi gan .
    Tolong gan.
    Reply.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kabel datanya, pakai kabel data lain gan penyebabnya bisa juga dari kabel data yang kondisinya kurang bagus

      Delete
    2. help me gan bb saya kasusnya kaya diatas pas ngistal tiba2 devicenya hilang ane udah coba ganti kabel tapi tetep sama.ada solusinya ngak?

      Delete
    3. coba uninstal semua OS yang ada di PC ,clean registry-nya, restart PC coba reinstall OS lagi atau coba DM di upgrde ke DM7

      Delete
  44. gan, bb saya gemini. pas mau masuk boot rom eh tiba2 bbnya mati gan, sebelumnya os.nya udah saya wipe. dan baterainya juga full

    ReplyDelete
  45. gan kalo sudah salah masukan passwrd 10 x gimana solusi nya gan,, sekarang hp saya mati blank cuman LED ny nyala merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. belu pernah ngalami seperti itu gan , coba di wipe dulu gan

      Delete
  46. terima kasih gan berjalan lancar .... salam kenal..sesama blogger hahahha
    artikel yg bermanfaat di tunggu coretan selanjutnya gan -_-

    ReplyDelete
  47. terima kasih gan berjalan dengan lancar artkel yg bermanfaat,di tunggu coretan selanjutnya hehehehe

    ReplyDelete
  48. Sob, Hpe aku bootingnya stengah abis itu gk jalan lgi, itu knapa???

    ReplyDelete
  49. BB aku juga proses bootingnya cuma setengah udh itu gak jalan lgi, tu krna apaan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya penyebabnya dari saat isi ulang baterai atau baterai yang kosong terlalu lama ,tanda kedipan LED nya gimana mba renny ? pada nyebutnya sih Nuked BB kalau kejadian gagal booting

      Delete
  50. bosss ane dah ikutin langkkah@ di atas, keterangan instal ulang berhasil,, tp pas dinyalain lodingnya mpe tengah,, ga mau nampil ke menu awal,,, mpe subuh tak tunggu tetep ajah gt,,, tolonggggggggggggggggggg bantuuuuuuuuuuuuuuuuuu ommmmmmmmmmmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba uninstall os > clean up PC dan scan registry > uninstall dan install lagi DM terus restart PC coba Lanjutkan ke proses OS Loader

      Delete
  51. Gan, hp ane 8320 kok tiba-tiba mati total, trus ane colok ke charger tidak bisa isi dan ke pc usb pin unknown , saya next trus finis setelah device initialing lama dan trus unable to reconnect the device multi-stage load operation ... trus berhenti gan,artinya apa ya Gan. Saya sudah download dm v4.6 ; v5.0 dan os v4.2 ; v4.5 belum bisa juga terkoneksi gan, Trims banget bantuananya ya Gan ...

    ReplyDelete
  52. Gan hp ane bb 8320 tiba-tiba mati total led juga gak hidup, sudah ane charge juga gak hidup trus ane colokin ke pc muncul usb pin unknown . trus saya lakukan cara seperti di atas, blm berhasil gan ... ane sdh pakai dm v5.0 ganti v4.6 dan os v.4.5 ganti v4.2 blm berhasil juga gan ... berhenti pada saat wait device initialization trus muncul unable to reconnect the device multi-stage load operation. trus berhenti gan. tolong diong gan, trima kasih sebelum dan sesudahnya ya gan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. -Gan baterai keadaan full ? di isi dulu baterainya gan kalau nga bisa ngecharge biasanya karena baterai nga ada daya sama sekali pakai charge desktop buat ngakalinya .

      - Vendor Xml dah di hapus ? kalau sudah tapi masih tetap seperti itu coba uninstall OS sama DM terus install ulang,restart PC lanjutkan ke OS loader

      Delete
  53. cara wipe accountnya gimana kalo bb ga bisa booting? saya udah coba cara apploadernya tapi begitu restart, proses bootingnya hanya sampai huruf E saja. plisss bales asap ya gann

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mba pakai BBSAK ,fiturnya cukup komplit bisa juga buat install OS

      cek disini ya : http://bbsak.org/

      Delete
  54. yg muncul di wizard App Loader bukan USB-PIN Unknow, justru PIN BB saya..terus saya next n pasang baterai tetep gak bisa, gim itu gan????

    ReplyDelete
  55. nanya de...bbku waktu reconnect ke jvm kok ga bisa konnect kenapa ya> perkiraann saya sih battery ga mau ngisi> apa pengalaman tentang ini> eh dalam kondisi normal di layar bb hanya ada gambar battery saja. tapi ga mau booting> thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya waktu itu jga pernah mirip kaya gitu ternyata masalah ada di baterai yang kurang bagus(kembung,baterai non ORI)itu jga bisa jadi penyebab BB nuked,aplikasi,theme juga jadi peneybab nga bisa ke connect ke JVM atau coba di reload OS

      Delete
  56. gan mw nanyak. saya pake bb dakota 9900. pas saya mau ngechas bb tidak ngechas seperti biasanya, lampu LED hanya wrn merah. saya coba lepasin baterainya, jg sama bb tdk ngerestar seperti biasanya dan tdk hidup lampu LED hanya warna merah. yg saya mw tyk yg rusak charger nya atau bb nya gan ? tks

    ReplyDelete
  57. coba di ganti baterai-nya dulu sist ,kalau tetap masih kaya gitu kemungkinan BB nya yang bermasalah

    ReplyDelete
  58. mw tanya gan, klw car wipe data nya itu gimana, sedangkan hp ga mw ngangkat cuma booting terus mati lagi booting lagi trs mati lagi, tolong pencerahannya.

    ReplyDelete
  59. Mas.. saya mau tanya, BB 9810 saya berhenti booting pada satu titik tapi tidak berkedip 4x.. saya coba pakai cara di atas ternyata masih tidak mau booting sampai akhir.. kira-kira solusinya seperti apa ya.. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro, BB sy Dakota 9900...ga bisa ngirim pict...selalu gagal dan hang...kenapa ya bro ?

      Delete
    2. penyebabnya bisa dari aplikasi,theme yang nga cocok,kebanyakan grup coba hapus beberapa app.theme yang di install, bisa juga dari sim card yang rusak copot sim card coba nyalakan tanpa simcard masih suka hang nga,

      Delete
  60. gan mohon pencerahannya ya , saya pake bb 9650 saya lupa cas seharian , begitu mau di cas malah blank dan led berkedip dengan kode 10101111 tp saya cari gaada error dengan kode tersebut , saya coba cara diatas tp pin tidak terbaca dan tidak ada tulisan USB-PIN Unknown , itu gimana ya gan ? saya tanya tukang service katanya IC nya kena . apa bener ? mohon dibalas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek lagi gan kodenya bener nga kode angka 1 di belakang sampai 4 kali? apa yang muncul tulisan COM1 ? kalau iya klik next saja nanti conection COM1 mengganti ke USB-unknow,kalau kode led seperti itu nga tau juga sih

      Delete
  61. bb ku , tadi udah coba di upgade nie ,
    tapi data pin nya pada ilanggggggg

    oia , cara back up pin ke email gmn yah ??

    ReplyDelete
  62. gan BB saya punya maslah yg sama seperti yang di postingkan, nggak bisa nyala, tp cuma loading nggak sampek selesai LED berkedap kedip merah, terus saya ikutin cara yg diatas, tp proses nya nggak sampek selesai terus teroutus, cuma sampek pada "menunggu inisialisasi perangkat" terus proses berhenti, saya tekan retry terus terusan tp tetep proses tidak jalan. sekarang BB nya masih tetap belum bisa hidup, ini hidup tapi ada tulisan "eror 507 Reload Software For Further information, please visit blaa blaa dan seterusnya, ini LED nya nyala merah terus sampek keluar tulisan seperti yang diatas tadi, Mohon Bantuannya Agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek OS nya gan yang di instal dah bener blum sama jngan lupa hapus file " vendor.Xml",kalau sebelumnya dah instal OS lain Hapus dahulu gan jangan sampai ada 2 OS yang di intstal di PC yang sama

      Delete
  63. Gan mohon pencerahan nya ini lampu led bb saya 101111 gk tau saya masalah nya sebernya apa,tp saya coba cara di atas semua peralatan lengkap,waktu saya klik app loader nya kan harus di sambungkan perangkat bb nya juga ke com.tp masalahnya ini perangkat bb nya gk nyambung ke comnya,kalo masalah kabel USB nya sama sekali gk ad masalah.jadi g mana dong gan solusinya...
    atau memang kerusakan bb saya memang bukan kerusakan gagal booting lagi...
    terima kasih sebelum nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flash Write failure harus Ganti IC flash gan buat benerin-nya

      Delete
  64. Gan mau nnya ne kalo punya ane bbnya kan abis dicas (bukan ori pke kabel data sama colokan kelistriknya pke yang cina2 gitu)terus gak masuk2 gan terus ada suara kaya meledak kecil gitu ? setelah saya idupin gak bisa gan ? cuma idup lampunyn doang ?itu gimana yah ? masalahnya dimn y gan ? tolong ane??

    ReplyDelete
  65. Gan mau nnya ne kalo punya ane bbnya kan abis dicas (bukan ori pke kabel data sama colokan kelistriknya pke yang cina2 gitu)terus gak masuk2 gan terus ada suara kaya meledak kecil gitu ? setelah saya idupin gak bisa gan ? cuma idup lampunyn doang ?itu gimana yah ? masalahnya dimn y gan ? tolong ane??

    ReplyDelete
  66. gan mau nnya ne.. bb ane gak mau idup cuma idup lampunya ? kan pas ane cas itu kaya ada suara meledak kecil gitu? ane pake casan kabel data itu gan terus colokannya yang kaya hp cina itu gan? kemungkinan konslet. terus gimana gan cara ngatasinnya? tolong gan bantu ane?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga sih gan kalau kaya gitu bisa-bisa kena hardare-nya sih akibat korslet, coba ganti baterai-nya dulu sama di loader ulang kalau masih nga bisa kemungkinan hardwarenya

      Delete
  67. Mau tanyaa itu yang waktu memilih file... filenya file apa ya???

    ReplyDelete
  68. cara install OSnya gimana?harus masukin no telfon gituu? terus itu file yang dipilih file apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya instal applikasi biasa mba,di file-nya klik "run as administrator"

      Delete
  69. mas hp sy bold 9900,wkt mw lowbet sy cas ngisi jg seh,,sy tinggal tdr pginya mati total,gbsa nyala sm skali..dan sudh sy coba lepas batery kmudian pasang lg gmw instal,, cra di atas sudh sya coba tp up loadernya ga muncul USB-Unknown..itu gmna maz mhon pencerahanya..

    ReplyDelete
  70. Gan , kalo blm daftar blackberry id apa mungkin suruh masukin password juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau ane tetep gan ,pakai password handset yang di masukin

      Delete
  71. saya ingin bertanya BB saya 9860 sudah dua kali gagal booting dan dapat diperbaiki . Setelah itu saya tidak mendownload aplikasi apapun ke Blackberry saya . namun setelah seminggu blackberry saya gagal booting lagi padahal saya tidak mendownload apapun dan tidak ada tanda2 error. Kira-kira blackberry saya gagal booting trus karena apa?
    Terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kebanyakan karena masalah baterai selain itu juga bisa sim card yang di pakai rusak jadi penyebabnya

      Delete
  72. gan bb saya 8520 , kasus nya setiap pasang batre lampu LED nyala normal 1 kali lalu mulai booting tapi loading tidak jalan sedikit pun dan langsung mati dan kembali lampu led nyala lalu boting lagi dan tidak jalan lagi , ini sudah ikutin langkah di atas , tapi stuck di langkah wait for device initialization , malah keluar tulisan "aplication loader was unable to conect your device" , pada saat langkah awal pas menconectkan BB tanpa batrai lalu menunggu kluar PIN-UNKNOWN bb tidak ada aktivitas apa apa tetap mati , tapi pada saat di langkah wait for device initialization lampu LED kmbali nyala dan kembali Booting dan loading tidak jalan lalu mati lalu booting lagi . solusi nya gmna gan tolong banget gan ane udah sakit kepala gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gan lewat BBSAK buat load OS nya,ganti kabel data-nya kalau nga bisa kemungkinan kena Hardware-nya

      Delete
  73. gan bb saya 8520 , kasus nya setiap pasang batre lampu LED nyala normal 1 kali lalu mulai booting tapi loading tidak jalan sedikit pun dan langsung mati dan kembali lampu led nyala lalu boting lagi dan tidak jalan lagi , ini sudah ikutin langkah di atas , tapi stuck di langkah wait for device initialization , malah keluar tulisan "aplication loader was unable to conect your device" , pada saat langkah awal pas menconectkan BB tanpa batrai lalu menunggu kluar PIN-UNKNOWN bb tidak ada aktivitas apa apa tetap mati , tapi pada saat di langkah wait for device initialization lampu LED kmbali nyala dan kembali Booting dan loading tidak jalan lalu mati lalu booting lagi . solusi nya gmna gan tolong banget gan ane udah sakit kepala gan

    ReplyDelete
  74. Mas saya mau tanya, BB saya 9810 gagal booting dia berhenti proses booting di 90% abis itu diem aja ga maju2.
    saya udah coba install ulang, bahkan saya coba wipe juga, tapi masih sama gagal booting. saya coba pakai 3 os seri 7 yg berbeda tapi masih sama.
    awalnya bb saya jika diisi data di memory internal akan hang dan setelah restart dengan cabut baterai langsung gagal booting.
    apakah kira2 ada salah install os ato problem hardware dan kira2 apa yg perlu diperbaiki?
    terimakasih
    maaf panjang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sama kasusnya seperti itu,bahkan di waktu install softwarenya ada beberapa yang ga bisa masuk.bb aku sama 9810.mohon jawabannya dunk.kata tempat servicenya ini harus install software secara online,apakah benar?

      Delete
  75. Bb Ini ga connek aplikasiny pdhl pake wifi
    Kmrn* pake wifi bisa
    Skrg ga bisa
    Tp browsing dr BB bisa
    Internet bisa
    Meski paket mati asal pake wifi kan bisa
    Aplikasi internetny kyk Facebook atau Twitter yg ga bisa
    Ada info ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. settingan Wi-Fi nya mungkin gan,kalau masalah itu kurang tau gan

      Delete
  76. Ini ga connek aplikasiny pdhl pake wifi
    Kmrn* pake wifi bisa
    Skrg ga bisa
    Tp browsing dr BB bisa
    Internet bisa
    Aplikasi internetny kyk Facebook atau Twitter yg ga bisa
    Ada info ga mas?

    ReplyDelete
  77. Ini ga connek aplikasiny pdhl pake wifi
    Kmrn* pake wifi bisa
    Skrg ga bisa
    Tp browsing dr BB bisa
    Aplikasi internetny kyk Facebook atau Twitter yg ga bisa
    Ada info ga mas?

    ReplyDelete
  78. Gan.. kan kalo ga salah file Vendor.xml itu kan ada 2 gan, trus kan tmpatnya misah , itu di harus di hapus dua2 nya gak gan? trus kalo gagal masukin password lebih dari 10x, akibatnya apa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di hapus dua"-nya gan , kalau 10x gagal masukin password kurang tau juga akibatnya

      Delete
  79. gan kalo gagal masukin pasword atau uda salah 10x, akibatnya apa gan?

    ReplyDelete
  80. bro z uya mau tanya nih kan z pake bb tourch 2 9810 permasalahannya bb z mati sndri trus booting loadingnya macet trus z coba instal di toko hp smpai 4kli dri versi 7.1 smpai turun ke versi 7.0 setelah itu menyala lalu z upgrade aplikasi sprti bbm,twitter dll echh 2/3 hari tiba2 mati lagi trus z coba keluarkan batreynya trus si bb kambuh lgi dia bootingnya macet seterusnya kya gtu nga normal lgi...solusinya gmna tuh bro apa itu nga ada berhubungan dngn flexsibelnya ato??????thxzz

    ReplyDelete
  81. bro kenalin z uya...mau tanya nih
    z kan pake bb 8910 kasusnya bootingnya macet..z kan udh 3 kli instal ditoko dri versi 7.1 smapi turun lgi 7.0 stelah itu menyala disitu z mulai upgrde bbm,twitt dll deh..tpi setelah 2 hri si bb kumat lgi bb itu lngsung mati dan proses bootingnya madett.
    kasih solusinya dong..itu sebab akibatrnya knpa yah
    mksih

    ReplyDelete
  82. contact bbm nya kehapus ga gan klo ngejalanin proses td???

    ReplyDelete
  83. mau bertanya ... saya uda klik loadernya ... tapi pas d next setalah ada pin gtu ... tiba" gak ada menu yang mao di instal itu kenapa ya? padahal sebelum nya bisa aja ...

    ReplyDelete
  84. Mau bertanya seletah tombol step ke 1 dan ke 2 kan masuk ke nemu centang" pilihan" gtu tapi ko tiba" pas saya coba sekarang malah gak keluar ya? sebelum nya sih biasa" aj

    ReplyDelete
  85. klo tidak ada kedipan tapi menyala saja lampunya itu gimana gan?

    ReplyDelete
  86. gan kalau lampunya ga berkedip tapi hanya menyala aja gimana gan? apa prosesnya sama kaya di atas?

    ReplyDelete
  87. gan bb 8530 ane tiba tiba mati terus batre ane cabut terus dia gak mau masuk homescreen jadi waktu restar pas loading blackberry cuma sampe setengah terus kembali ke awal lagi begitu seterusnya gimana ini gan? nah pas ane pake cara ini USB-PIN : bukan UNKNOWS tapi malah pin bb ane terus pas ane next dan pasang batre malah undetect ada pencerahan gan?

    ReplyDelete
  88. boz.. sudah saya lakukan seperti diatas.. cuma masalahnya waktu di reconecting to JVM gagal terus.. knp ya?

    ReplyDelete
  89. boz udah ane lakuin.. cm waktu reconecting to JVM gagal terus.. knp ya?

    ReplyDelete
  90. gan n rekan - rekan minta tolong donk, bb dakota istri saya loadng sekitar 75% dan restart ulang terus ,dan saya ke tempat service bb buat upgrade ternyata tidak bisa, sampai beberapa kali mencoba tidak bisa juga. garansi juga sudah abis dari SS, saya harus kemana ya gan buat saya bisa memperbaikinya, karena kalo instal ulang sudah beberapa kali masih saja tidak bisa. Mohon bantuannya pada rekan - rekan karena ini HP istri saya sangat dibutuhkan. terima kasih.. Mohon bantuannya kepada rekan - rekan

    ReplyDelete
  91. gan n rekan - rekan minta tolong donk, bb dakota istri saya loadng sekitar 75% dan restart ulang terus ,dan saya ke tempat service bb buat upgrade ternyata tidak bisa, sampai beberapa kali mencoba tidak bisa juga. garansi juga sudah abis dari SS, saya harus kemana ya gan buat saya bisa memperbaikinya, karena kalo instal ulang sudah beberapa kali masih saja tidak bisa. Mohon bantuannya pada rekan - rekan karena ini HP istri saya sangat dibutuhkan. terima kasih.. Mohon bantuannya kepada rekan - rekan

    ReplyDelete
  92. M A N T A P GAN..........
    Tengkyu ats pencerahanya gan..
    ternyata ga susah2 amat ya gan...
    sukses sll buat agan...

    ReplyDelete
  93. M A N T A P GAN..........
    Tengkyu ats pencerahanya gan..
    ternyata ga susah2 amat ya gan...
    sukses sll buat agan...

    ReplyDelete
  94. MANTAP GAN.........
    Trims atas pencerahanyaa..
    sangat membantu sekali..
    sukses salalu buat agan..

    ReplyDelete
  95. gan, bb ane dakota, ane charge dari jam 9 mlm. Trus ketiduran, bangun subuh lampu LEDnya ijo tua. Ane lepas kabel chargenya.
    Baru dipake facebookan bentar, bb mati sendiri. Dinyalain ga mau. Layar ttp mati. Trus LED kedap kedip merah ga tau berapa kali lupa ngitung. Semua foto video msh di memori telepon :'(
    Cara back up data & memperbaikinya gmn gan?

    ReplyDelete
  96. gan, bb ane dakota, ane charge dari jam 10 mlm. Trus ketiduran, bangun subuh lampu LEDnya ijo tua. Ane lepas kabel chargenya.
    Baru dipake facebookan bentar, bb mati sendiri. Dinyalain ga mau. Layar ttp mati. Trus LED kedap kedip merah ga tau berapa kali lupa ngitung. Semua foto video msh di memori telepon :'(
    Cara back up data & memperbaikinya gmn gan?

    ReplyDelete
  97. gan, bb ane dakota, ane charge dari jam 10 mlm. Trus ketiduran, bangun subuh lampu LEDnya ijo tua. Ane lepas kabel chargenya.
    Baru dipake facebookan bentar, bb mati sendiri. Dinyalain ga mau. Layar ttp mati. Trus LED kedap kedip merah ga tau berapa kali lupa ngitung. Semua foto video msh di memori telepon :'(
    Cara back up data & memperbaikinya gmn gan?

    ReplyDelete
  98. gan,mw tanya..bb dakota saya tidak mau start sma sekali..
    jadi ketika di pasang baterainya,,lednya nyala..trus mati dan mau msuk tahap booting tapi tiba2 ke mati lagi,,berulang2 seperti itu..
    kira2 itu kenapa ya

    ReplyDelete
  99. gan,,mw tnya,,,
    bb dakota sya tidak mau msuk ke proses booting kenapa ya kira2?
    ketika di pasang baterai,lampu lednya nyala..trus lednya mati n mau msuk ke proses booting tpi tidak jadi,,langsung ke mati lagi..dan terulang ke proses awal lagi seperti baru psang bterai

    ReplyDelete
  100. Gan mohon bantuan y..BB saya 9300. sehabis saya update BB sayamalah mati,saya kira mungkin habis batrei y, tetapi saat saya charge BB saya malah yng muncul tanda silang merah di batrei y.lampu indi kator y cuma nyala sekali, sehabis it mati lagi apakah kira2 sama kasus y dg yang anda terangkan di atas. saya mencoba mengikuti perintah di atas,tetapi setiap mau download desktop sofware y selalu gagal. your system has not been modified..kira2 apa maksud y Gan. mohon bantuan y..Trimakasih

    ReplyDelete
  101. gan mohon bantuan y...BB saya 9300, sehabis saya update software mendadak mati,sakira habis batrei y,setelah saya charge malah muncul tanda silang pada butrei y..saya kurang tau apa kah kerusakan ini sama seperti yg anda terangkan di atas.lampu indikator y hidup cma sekali warna merah sehabis it mati lagi.saya mencoba mengikuti penjelasan di atas,tetapi waktu instal desktop software y selalu gagal.muncul computer system has not been modified,kira2 apa maksud y..tolong bantuan y..trimakasih..

    ReplyDelete
  102. gan BB saya 9300,mendadak mati setelah update software..saya kira mati karena habis batrei y,setelah saya charge BB saya cuma muncul tanda batrei di silsng merah, trs saya cba mengikuti instruksi yg anda jelaskan di atas, tetapi pada waktu masuk PIN UNKNWON saya click next tida ada terjadi apa2 mohon bantuan y gan, apa yg harus saya lakukan..trimakasih

    ReplyDelete
  103. gan udah saya coba cara di atas, tapi sama aja :( tetep cuma setengaaaaah T.T what should i must do? *ngaco*

    ReplyDelete
  104. udah bisa deh kak :"" makasih banyak ya kak buat postingannya! makasih bangeeeeet :""" thanks very much :""

    ReplyDelete
  105. Klo Kyak Gini Gimana lgi Mas = http://prntscr.com/1fo256

    ReplyDelete
  106. Klo Kyak Gini, caranya kyak mn mas ?

    Link = http://prntscr.com/1fo256

    ReplyDelete
  107. Klo kyak gini gimana mas = http://prntscr.com/1fpjcx
    tipe BB saya 8520 OS sudh Saya download BM udah saya instal sudah semua

    ReplyDelete
  108. Mas Gimana KLo kyak Gini = http://*prntscr.com/1fpjcx

    ReplyDelete
  109. Gan, kl nuked gitu kan katanya data ga ilang....apakah itu termasuk history bbm? Soalnya yg paling penting itu history chat bbmnya nih.. Ada kenangan dr almarhum ibu..

    Btw, bb gemininya gagal booting setelah restart abis upgrade aplikasi YM.. cuma jalan setengah (sampe di bawah huruf e-nya doang)... abis itu stuck GA jalan2... hheeellpppp....

    ReplyDelete
  110. bro minta bantuan
    bingung saat proses instal tiba2 gagal muncul
    Terjadi kesalahan saat memperbarui perangkat lunak perangkat Anda.

    Ditemukan kesalahan yang tidak jelas [A:0x0000008E]

    mohon bantuan

    ReplyDelete
  111. gan ane bingung saat instalasi tiba2 gagal mucul tulisan ini

    Terjadi kesalahan saat memperbarui perangkat lunak perangkat Anda.

    Ditemukan kesalahan yang tidak jelas [A:0x0000008E]


    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  112. gan, storm 1 saya nuked nih, tak wipe kagak kedetec di bbsak, mau install lewat loader kedetec unknown sih, tapi tiap beberapa detik bb restar lagi(dc sendiri dari pc) layar nggak idup blas, led nyala sekali dan agak lama tiap restar. apa benar kata bang hery king di komen atas yg katanya"ada short di transistor dalem" ? kl ganti kira2 berapa ya? apa ada cara untuk mengembalikan bb saya?

    ReplyDelete
  113. gan mau nanya kalau bb sering mati terus buat nyala aja gabisa. udh dicoba cabut batere, simcard, mmc dan dijalankan di pc gabisa nyala juga. itu kenapa ya gan? udh 2hari kaya gini terus. kemaren sempet bisa nyala, tapi yg sekarang gabisa nyala sama sekali. led aja ga nyala :( infonya dongg :'(

    ReplyDelete
  114. gan mau nanya kalau bb sering mati terus buat nyala aja gbaisa. udh dicoba cabut batere, simcard, mmc dan dijalankan di pc gabisa nyala juga. itu kenapa ya gan? udh 2hari kaya gini terus. kemaren sempet bisa nyala, tapi yg sekarang gabisa nyala sama sekali. led aja ga nyala :( infonya dongg

    ReplyDelete
  115. matur nuwun banget ya gan, infonya sangat amat membantu sekali.. aku punya BB 8530 gak bisa di apa2in, lalu saya coba tutorial agan diatas, sekarang BB ku sudah kembali seperti semula lagi, seperti BB baru (walaupun cuman OSnya saja) hheehehhee....

    ReplyDelete
  116. sory gan mau nanya nih.. kemaren kan awalnya ane mau nge restart ya!! ane cabut tuh batre,emang batre nya baru 3 hari ane beli.. itu yang ori juga.. nah kejadianya malah booting terus2an tapi ga bisa sampe nyala !! aneh sih,berkali2 pasang cabut batre tapi tetep aja booting nya nyampe di kira2 70 persen.. kenapa dengan bb ane?

    ReplyDelete
  117. maksud dr 'kunci telepon BB' itu apa gan?
    trs cara wipe data dan backup data gmn (detailnya) ? .terimakasih gan

    ReplyDelete
  118. bb sya tour 9630 sudah saya servicesin tetep aj ngerestart terus,,, jangan kan nyala loading aja gmw...

    gmn cara ngatasinya... kalau dikasi batrei ngerestar terus gmw menyala... hal ini sudah berkali-kali..


    gmn ya,, please help me???

    ReplyDelete
  119. Gan , saya Punya BB 9800 Mengalami Nuked/ Booting ulang trus.Saya pun mencoba cara yang Diatas, Namun Pada saat saya membuka appLoader dan Klik NEXT, kenapa di bagian 'USB-PIN Unknown' tidak ada tulisan 'USB-PIN Unknown' malahan Tulisannya 'USB-PIN : [ada nomor dan huruf ] , dan saya pun bingung, gimana nih Gan ??

    ReplyDelete
  120. Gan kenapa Saat saya melakukan cara di atas [ Buka appLoader] dan Saya klik Next, dii tulisan bawah Tidak ada tulisan USB-PIN UNKNOWN , malahan Tulisannya USB-PIN ; [nomor dan huruf ], napa ya gan?? Tolong di Reply ya gan ??

    ReplyDelete
  121. mas,bb saya curve 9220 tiba2 gak bisa hidup lagi dan lampu LED nya pun gak berkedip sama sekali, sulosinya gmana mas, help please!!!!!

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan Link Aktif dalam berkomentar ,Jika komentar anda tidak muncul mungkin disebabkan komentar anda di identifikasi-kan sebagai SPAM ,dimana langsung saya hapus semua komentar yang masuk kotak SPAM ,Mohon maaf Jika ada beberapa Komentar yang tidak sempat di balas atau terlewatkan ,Terima Kasih sebelumnya telah berkunjung.