Apa itu Flash,Root,Tweak dan CWM ?


Sering dengar istilah Flashing Root dan Tweak untuk handset Android,Tapi apa maksudnya dan untuk apa hal itu ,apakah ada keuntungan atau ada kerugiannya,mungkin juga sudah ada yang tahu tentang istilah-istilah yang sudah di sebutkan di atas,berikut maksud dari istilah tersebut secara singkatnya.


FLASHING  adalah menginstal ulang Sistem Operasi (OS) berguna untuk memperbaiki Sofware jika ada masalah dan bisa juga untuk Downgrade atau Upgrade OS,proses flashing sendiri di Android bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya Via OTA atau memperbaiki OS langsung dari handset, Via PC Suite yang sudah di sediakan oleh vendor, PC suite bisa di download dari situs resmi vendor atau bisanya disertakan DVD driver pada paket pembelian .


Root Adalah Proses merubah privilage dari user biasa menjadi superuser/tindakan untuk bisa mengaksesFile system( membuka keamanan) layaknya menjadi seorang administrator proses rooting bisa membatalkan GARANSI.


TWEAK sebuah fasilitas yang tersedia pada sistem operasi yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi. Fasilitas tweak tersebut dapat memberikan trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, serta kemudahan dan kecepatan. Utility tersebut semakin dikembangkan, salah satunya pada sistem operasi mobile device android, sehingga semakin mudah dan menyenangkan dalam pengaturannya.contoh tweak di wt19i menambahkan fitur mobile bravia engine yang aslinya tidak ada atau java machine untuk bisa menjalankan aplikasi Java.


CWM RECOVERY (ClockWork Mod)  mirip seperti flashing tapi kegunaannya lebih banyak Aplikasi ini asalnya dibuat oleh Koush, untuk mengatur ROM di hp Android. Banyak kegunaan CWM ini salah satunya untuk membackup dan restore aplikasi, menghapus (wipe) data di sistem dan di cache (Dalvik). Biasanya diperlukan untuk menginstall (flashing) ROM baru.


Begitu kira-kira mengenai istilah tersebut,dan semoga bisa membantu.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

10 comments:

  1. Terima kasih atas artikelnya.
    ijin copas untuk keperluan kuliah.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas artikelnya.
    ijin copas untuk keperluan kuliah.

    ReplyDelete
  3. salam kenal bro,
    ... artikelnya sangat membantu.

    tapi saya punya masalah dengan lenovo k860 saya, hh saya gak bisa nyala(restart terus-menerus) tetapi klo tersambung ke laptop bisa nyala(udah gak restart), tapi memori internal/external sama skali gak kebaca, klo mau buka/lihat storagenya selalu muncul pesan "SAYANGNYA SISTEM UI TELAH BERHENTI". hh mulai ngadat kaya gini waktu saya mau swap memori external ke internal saya salah nulis waktu ngedit file "vold.fstab"nya

    >itu gimana solusinya bro mohon berikan jurusnya... hehehe, makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga bro,bootload di flash ulang gan jurus paling ampuh

      Delete
  4. gan kalo CWM itu ngapus smua aplikasi yg sudah kita istal jg ga gan kaya Flashing ??

    ReplyDelete
  5. Salam knela bro. Sony Xperia saya tidak bisa masuk beranda. Selalu keluar tulisan "Sayangnya beranda Xperia tekah berhenti".
    Mohon bantu bro gimana memperbaikinya. Terimakisih sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. Salam kenal Bro.
    Saya punya masalah sama Sony Xperia saya bro. DI layar tampil sayangnya beranda Xperia telah berhenti". Dan ngak bisa difungsikan lagi tuh HP. Itu gimana bro caranya biar bisa normal kembali.

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini,Mohon Jangan memasukan Link Aktif dalam berkomentar ,Jika komentar anda tidak muncul mungkin disebabkan komentar anda di identifikasi-kan SPAM dimana langsung saya hapus semua komentar yang masuk kotak SPAM ,Mohon maaf Jika ada beberapa Komentar yang tidak sempat di balas atau terlewatkan ,Terima Kasih sebelumnya telah berkunjung.